Seri Seminar Online #4 Program PPM PLB

Webinar #4 yang dilaksanakan oleh Kelompok Program Pengabdian pada Masyarakat bekerjasama dengan Laboratorium PLB FIP UNY dengan tema "Pelatihan Pengembangan Teknologi Asistif Untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus" ini terdiri dari 2 sub tema, yaitu: a. Wawasan Teknologi Asistif dan Implementasinya di Indonesia oleh Eka Prastama Widiyanta (Assistive Technology Porgram Offficer) b. Pengembangan Teknologi Asistive sebagai Sumber Belajar ABK oleh Dr. Ishartiwi, M. Pd (kaprodi S2 PLBUNY) dengan dModerator Rendy Roos Handoyo, M.Pd. dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Juli 2020 Pukul 13.00-15.00 WIB.

Materi pertama disampaikan oleh Eka Prastama Widiyanta (Assistive Technology Porgram Offficer) dengan tema Wawasan Teknologi Asistif dan Implementasinya di Indonesia. Dalam paparannya narasumber menyampaikan poin-poin penting terkait dasar pemenuhan Assistive Technology, definisi, kelayakan penyediaan Assistive Technology, referensi standar dan layanan Assistive Technology, urgensi alat bantu, serta yang terakhir identifikasi peran dan kebutuhan Assistive Technology.

Materi kedua dengan tema Pengembangan Teknologi Asistive sebagai Sumber Belajar ABK disampaikan oleh Dr. Ishartiwi, M. Pd (kaprodi S2 PLBUNY) memaparkan tentang penjelasan umum teknologi asistif sebagai sumber belajar, membangun proses belajar, kelebihan dan kelemahan sumber belajar bagi anak berkebutuhan khusus, pengembangan teknologi asistif, dan pemanfaatan teknologi asistif. Dalam penyampaiannya narasumber menggarisbawahi meskipun teknologi asistif yang digunakan oleh guru masih sederhana tetapi dapat membantu siswa dalam proses belajar akan sangat berarti daripada teknologi yang moderen tetapi siswa kurang bisa memanfaatkannya. (yan)