Seri Seminar Online #3 Program PPM PLB

Webinar #3 yang dilaksanakan oleh Kelompok Program Pengabdian pada Masyarakat bekerjasama dengan Laboratorium PLB FIP UNY dengan tema "Pembelajaran untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Jenjang Pendidikan Menengah pada masa Pandemi Covid-19" ini terdiri dari 3 sub tema, yaitu: a. Kompetensi lulusan peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah, oleh Drs. Bakhtiar Nurhidayat (Kabid PLB Disdikpora DIY) b. Kebutuhan belajar peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah, oleh Sukinah, S.Pd, M.Pd. (Dosen PLB FIP UNY) c. Program transisi untuk peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah, oleh Nur Azizah, S.Pd., M.Ed, Ph.D. (Dosen PLB FIP UNY) dan Moderator Gena Diniarti, M.Pd. Kegiatan ini dilakasanakan pada Rabu, 17 Juni 2020 Pukul 13.00-15.00 WIB.

Materi pertama yang disampaikan oleh Drs. Bakhtiar Nurhidayat (Kabid PLB Disdikpora DIY) dengan tema Kompetensi lulusan peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah. Dalam paparannya menjelaskan tentang penjelasan dan peraturan-peraturan tentang SKL pendidikan dasar dan menengah, strategi dan kebijakan pendidikan khusus di DIY serta penerimaan peserta didik baru berkebutuhan khusus pendidikan menengah.

Materi kedua dengan tema Kebutuhan belajar peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah, disampaikan oleh Sukinah, S.Pd, M.Pd. (Dosen PLB FIP UNY) memaparkan terkait latar belakang analisis kebutuhan (kebutuhan, belajar, asesmen), konsep siswa berkebutuhan khusus (siapa mereka, jenis siswa berkebutuhan khusus, kebutuhan umum maupun khusus), dasar pemenuhan kebutuhan belajar (dimensi umur, dimensi individual), dan bagaimana kurikulum dan pendekatan belajar siswa berkebutuhan khusus (porsi kurikulum dan pendekatan pembelajaran).

Materi ketiga yaitu Program transisi untuk peserta didik berkebutuhan khusus jenjang pendidikan menengah, disampaikan oleh Nur Azizah, S.Pd., M.Ed, Ph.D. (Dosen PLB FIP UNY) menjelaskan tentang konsep transisi, rasionalisasi tentang pentingnya program transisi, justifikasi sulitnya masa transisi, pengertian program transisi dan taksonomi program transisi. (yan)