Seri Seminar Online #1 Program PPM PLB

Webinar #1 yang diselenggarakan oleh Kelompok Program Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan Laboratorium Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta ini terdiri dari tiga materi, yaitu: 1. Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus oleh dr. Atien Nur Chamidah, M.Dis.St. 2. PPDB dan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus di KB-TK oleh Sri Uning, S.Pd 3. Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini di Rumah oleh Aini Mahabbati, M.A.

Dalam materi yang disampaikan dr. Atien Nur Chamidah, M.Dis.St. menjelaskan tentang secara umum anak berkebutuhan khusus, cara mendeteksi dini anak berkebutuhan khusus, mengidentifikasi anak yang mengalami keterlambatan perkembangan, langkah-langkah guru dalam mengidentiikasi, informasi-informasi mengenai riwayat tumbuh kembang anak dan kemudian tahap pencegahan dan stimulasi.

Kemudian materi kedua yang disampaikan oleh Sri Uning, S.Pd memaparkan terkait PPDB dan layanan siswa berkebutuhan khusus yang ada di TK Pedagogia. Dalam paparanya menjelaskan tentang profil sekolah, manfaat sekolah inklusi, proses pembelajaran dan layanan di TK Pedagogia dan kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan di TK Pedagogia.

Sedangkan materi ketiga yang disampaikan oleh Aini Mahabbati, M.A seputar pengasuhan untuk kemandirian anak berkebutuhan khusus yang isinya diantarnya fokus materi pengasuhan, peran orang terdekat dalam pengasuhan, dan materi-materi yang diberikan dalam pengasuhan termasuk materi keseharian yang bisa dilatihkan kepada anak berkebutuhan khusus.

Kolaborasi ketiga pemateri memberikan pengalaman yang lengkap bagi peserta webinar terutama guru dan orang tua dalam memberikan materi kepada anak berkebutuhan khusus, disamping itu juga ilmu yang sangat bermanfaat dan dapat di aplikasikan dalam pembelajaran baik di sekolah dan di rumah. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan memberikan feedback yang positif. (yan)