SD 1 Trirenggo Bantul Jajaki Kerjasama dengan Jurusan PLB

(12/2) Forum audiensi antara Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Kepala Sekolah SD 1 Trirenggo Bantul untuk membahas MOU dilakukan di Ruang Sidang Dekanat. Dalam kesempatan itu hadir Istiani, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD 1 Trirenggo, Palupi pendamping dari Karitas Indonesia, Dr. Mumpuniarti, M.Pd selaku Ketua Jurusan PLB dan Sukinah, M.Pd dosen Jurusan PLB.  Dalam forum audiensi tersebut membahas tentang kerjasama yang akan dijalin antara SD 1 Trirenggo dengan Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Pendidikan Luar Biasa mendapat kepercayaan dari SD 1 Trirenggo dalam kaitannya menjadi pendamping Sekolah Model Penyelenggara Pendidikan Inklusi.

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Kepala Sekolah SD 1 Trirenggo menyampaikan maksud dan tujuan dari MOU yang akan dilaksanakan. SD 1 Trirenggo merupakan sekolah model  penyelenggara pendidikan inklusi di Bantul yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dalam usaha untuk mengakomodasi Anak Berkebutuhan Khusus dalam mengenyam pendidikan formal seperti anak normal pada umumnya. Untuk itu SD 1 Trirenggo membutuhkan pendamping dalam melaksanakan kegiatan pendidikannya. Melalui kerjasama dengan Jurusan PLB diharapkan dapat merancang program-program untuk mewujudkan SD Inklusi yang mandiri.

Dalam forum audiensi Dekan FIP menyambut hangat niat baik Kepala Sekolah SD 1 Trirenggo Bantul. Dr. Haryanto, M.Pd. selaku Dekan FIP mengharapkan dalam kerjasama ini tidak sekedar hitam di atas putih tetapi juga terdapat kejelasan tindak lanjut dan aktivitas-aktivitas dalam kegiatan yang akan dimuat dalam kerjasama tersebut. Dekan mengharapkan dalam MOU tersebut terdapat kerjasama yang saling menguntungkan baik untuk pihak pertama maupun pihak kedua. Beberapa hal yang bisa diambil manfaatnya dari kerjasama ini adalah bagi akademisi yang banyak berkutat dengan persoalan-persoalan yang bersifat teoritis, melalui pengalaman-pengalaman empirik sangat penting untuk membekali dosen dan mahasiswa dalam perluasan dan pendalaman materi. Secara garis besar Dekan FIP setuju dengan kerjasam yang akan dijalin ini. Melalui MOU ini dekan mengharapkan juga terjalin kerjasama dengan program studi lain. Ketua Jurusan PLB menambahkan bahwa setelah adanya MOU tersebut secara bersama-sama merancang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2015 dan di tahun-tahun berikutnya. Serta mewujudkan kegiatan-kegiatan real yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak dan target-target yang ingin dicapai kedepannya.

Kegiatan kerjasama ini telah diawali dengan tes identifikasi siswa oleh jurusan PLB dan mendapat respon dari SD 1 Trirenggo dan dilanjutkan dengan kegiatan lain yaitu Brainstorming Program Inklusi dilaksanakan oleh Sukinah, M.Pd. dan Rafika Rahmawati, M.Pd. Untuk kedepannnya SD 1 Trirenggo merencanakan pengembangan aksesibilitas, perbaikan fisik gedung dan media pembelajaraan. Realisasi target kegiatan SD 1 Trirenggo di tahun 2015 ini adalah mendapatkan pencerahan mengenai pembelajaran di kelas yang terdapat siswa berkebutuhan khusus melalui forum diskusi dengan narasumber dari Jurusan PLB. Dengan kerjasama ini diharapkan program-program yang akan dilaksanakan lebih terarah dan efektif dan efisiien. (yay)