PLB Mengabdi 2021 "Ruang Berbagi di Tengah Pandemi"

PLB Mengabdi merupakan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PLB UNY sebagai wadah bagi mahasiswa PLB UNY untuk berkontribusi nyata di bidang sosial kemanusiaan dalam lingkup anak berkebutuhan khusus. Program pengabdian ini merupakan kegiatan yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi ketiga, yakni “Pengabdian Masyarakat” yang artinya kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan IPTEK untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan dari PLB Mengabdi antara lain untuk memberi kebermanfaatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, membangun kesadaran masyarakat akan keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus, memberikan ruang bagi mahasiswa PLB untuk melaksanakan kegiatan yang bergerak dalam bidang sosial, serta menjalin kerjasama antara HIMA PLB UNY dengan yayasan maupun komunitas yang menaungi anak berkebutuhan khusus.

Di tahun ini, masih dalam keadaan pandemi Covid-19, PLB Mengabdi diselenggarakan dalam bentuk “Open Donasi” untuk salah satu yayasan yang menaungi anak berkebutuhan khusus di Yogyakarta, yakni Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan 24 relawan dari mahasiswa PLB UNY dengan sistem kegiatan yang mayoritas dilakukan secara online. Pemilihan bentuk kegiatan tersebut berdasar pada kesadaran untuk memberikan kebermanfaatan di masa sulit akibat pandemi Covid-19 dalam bentuk kegiatan yang positif tetapi dengan meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Open Donasi PLB Mengabdi dilakukan secara offline dan online yang mana penyebaran informasi dilakukan melalui media sosial relawan secara terjadwal. Selain itu, penyebaran informasi juga dibantu oleh pihak yayasan Sayap Ibu, teman-teman mahasiswa PLB UNY, serta melalui akun sosial media PLB Mengabdi dan HIMA PLB UNY. Sementara, untuk kegiatan offline yakni berupa “Jemput Donasi” yang diadakan sebagai bentuk pelayanan untuk masyarakat khususnya yang ada di Yogyakarta apabila ingin berdonasi dengan uang tunai maupun barang berupa beras, minyak, atau gula pasir. Khusus untuk kegiatan offline hanya dilakukan oleh relawan domisili Yogyakarta. Kegiatan open donasi ini dibuka mulai 31 Maret sampai 29 April 2021 dengan memberikan akses penyaluran donasi melalui transfer bank serta aplikasi layanan keuangan digital serta bentuk pelayanan khusus “Jemput Donasi”. Dari kegiatan ini terkumpul donasi berupa uang tunai senilai Rp. 2.200.000,00 serta beras sejumlah 25,3 kg. Donasi yang terkumpul kemudian disalurkan ke Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta oleh teman-teman relawan yang ada di Yogyakarta pada 7 Mei 2021. Penyaluran dilakukan secara terbatas dan simbolis antara pihak Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta dengan perwakilan dari teman-teman relawan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kemudian, atas terlaksananya program PLB Mengabdi dari pihak kepanitiaan memberikan e-sertifikat untuk teman-teman relawan yang sudah mengabdikan dirinya selama kurang lebih satu bulan dalam program open donasi untuk Yayasan Sayap Ibu.

Adanya program PLB Mengabdi diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan PLB UNY serta lingkungan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan melalui program PLB Mengabdi mahasiswa PLB UNY dapat berkontribusi bersama-sama menumbuhkan kepedulian serta mewujudkan lingkungan yang ramah akan keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus. Melalui PLB Mengabdi, siapapun yang terlibat di dalamnya dapat bersama-sama belajar untuk berbagi dan menerima dengan sesamanya.