Mahasiswa Angkatan 2012 Study Laboratori ke Bali

Pada tanggal 18-22 Januari 2015, mahasiswa PLB UNY Angkatan 2012 mengadakan kegiatan study laboratori ke Bali untuk mengunjungi beberapa SLB (Sekolah Luar Biasa) yang ada disana. Kegiatan ini telah menjadi kegiatan tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa semester atas. Selain menambah pengalaman kunjungan sekolah, kegiatan ini menjadi waktu yang tepat bagi mahasiswa mencari referensi baru mengenai fasilitas dan penanganan-penanganan siswa ABK yang ada di SLB. Kegiatan ini didampingi oleh dua dosen pendamping yaitu Nurdayati Praptiningrum, M.Pd dan Drs. Heri Purwanto.

Sekolah yang akan dikunjungi dalam kegiatan study laboratory ini awalnya berjumlah 2 yaitu SLB PTN Jimbaran Bali dan SLB Negeri Gianyar. Tetapi karena ada acara keagamaan, kunjungan di SLB PTN Jimbaran Bali pada tanggal 20 Januari di batalkan. Agenda kegiatan study laboratori hari pertama dimulai dengan pemberangkatan rombongan menggunakan bus. Hari kedua dan ketiga dimanfaatkan rombongan untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Bali. Hari keempat mengunjungi SLB Negeri Gianyar, rombongan disambut baik oleh kepala sekolah, guru-guru dan juga para murid dengan ditampilkanya salah satu keterampilan siswa dalam sebuah tarian selamat datang dan tarian persahabatan.

Dalam kunjungannya ke SLB Negeri Gianyar, kepala sekolah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkeliling melihat sarana-prasarana yang ada di sekolah dan juga mempersilahkan mahasiswa untuk mewawancarai beberapa hal seperti manajemen kelas, kurikulum yang diterapkan, ekstrakulikuler yang disediakan untuk menambah keterampilan siswa secara non-akademik, dsb. Setelah selesai kunjungan di SLB Negeri Gianyar, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan pulang menuju Yogyakarta.

Perjalanan ke Bali ini, memberikan kesan tersendiri di hati masing-masing mahasiswa. Dengan mengunjungi SLB Negeri Gianyar dapat menambah referensi, pengalaman, dan ilmu bagi mahasiswa pendidikan luar biasa agar lebih giat dalam memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang menakjubkan dan menjadi moment langka dimana semua mahasiswa dalam satu angkatan dapat bepergian bersama dan menambah keakraban diantara mereka.