Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa 2015

Kalasan, Sleman – Kegiatan pelatihan yang mampu membentuk keterampilan me-manage suatu organisasi serta membentuk jiwa kepemimpinan dalam organisasi sangat dibutuhkan oleh kepengurusan Organisasi Mahasiswa FIP. Oleh karena itu Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Subbag Kemahasiswaaan mengadakan kegiatan LKMM (Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa). Kegiatan ini diikuti oleh tiap PHPI BEM, DPM, HIMA tiap jurusan dan UKM Fakultas Ilmu Pendidikan. Technical Meeting kegiatan LKMM dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2015 bertempat di ruang Abdullah Sigit. Technical Meeting ini bertujuan memberikan pengarahan pada peserta LKMM mengenai persiapan yang perlu dibawa serta peraturan yang ada dalam kegiatan ini. Dalam kesempatan tersebut diselenggarakan acara launching buku yang ditulis peserta CBC (Character Building Center) yang digagas oleh BEM FIP periode 2014/2015.

LKMM dilaksanakan pada hari kamis dan jumat tanggal 19-20 Februari 2015 bertempat di LPMP DIY, Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Pada hari kamis selama hampir sehari penuh diberikan materi oleh para pemateri. Materi yang disampaikan antara lain Arahan Kebijakan Fakultas Bidang Kemahasiswaan, Sukses Akademik dan Prestasi Ormawa, Leadership dan Keorganisasian, Berpikir Kritis dan Kreatif, Penjabaran Operasional Program Kerja Kemahasiswaan, Komunikasi dalam Organisasi dan Administrasi Keuangan dan Teknik Pengajuan Proposal Kegiatan. Dalam pemberian materi tidak hanya disampaikan secara klasikal oleh para pemateri saja tetapi mengajak diskusi peserta untuk mengetahui isi materi secara lebih dalam. Peserta diharapkan memiliki keaktifan dalam menyampaikan aspirasi terhadap materi yang telah disampaikan.

Hari jumat merupakan hari yang menyenangkan bagi peserta LKMM, karena acara diisi oleh berbagai permainan yang mengasah kemampuan para aktivis kampus. Permainan ini dibagi dalam 5 pos, tiap pos diisi dengan permainan yang mengandung pesan. Contohnya pos pertama berisi permainan yang berjudul bom waktu, dimana peserta harus memindahkan 8 buah bola kecil dan 1 buah bola besar hanya dengan menggunakan tali rapia. Dalam permainan ini peserta dituntut kerjasama antar anggota. Secara keseluruhan permainan ini membutuhkan kerjasama antar anggota serta kejujuran dari tiap kelompok. Pada akhir acara diberikan pengumuman pemenang permainan juara 1 hingga 3 serta kelompok terheboh dan kelompok yel-yel terbaik. (him/yay)