Kerja Sama PLB FIPP UNY Dengan UPT ULD Kota Yogyakarta Dalam Diklatsar Guru Pendidikan Khusus Sekolah Inklusif Kota Yogyakarta

Departemen Pendidikan Luar Biasa kembali melakukan kerja sama dengan UPT Unit Layanan Disabilitas Kota Yogyakarta pada 22 sampai 25 Januari 2024. Kerja sama yang dilakukan berupa kegiatan Diklatsar kepada Guru Pendidikan Khusus (GPK) di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kompetensi GPK dalam implementasi inklusif. Pihak yang dilibatkan dalam kegiatan empat hari ini adalah 56 orang GPK yang mengajar mulai dari tingkat TK, SD, sampai SMP. Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah inklusif di Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka pada hari Senin tanggal 22 Januari 2024  di Ruang Sidang Lt. 3 Muh. Amin FIPP UNY. Pembukaan dilakukan oleh Drs. Aris Widodo, M.Si. selaku Kepala UPT Unit Layanan Disabilitas Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh Dr. Sukinah, M.Pd. selaku Kepala Departemen Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNY.

Kompetensi GPK ditingkatkan melalui pemberian materi dan tugas yang mendukung proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah inklusif. Selama empat hari tersebut, peserta mendapatkan total 13 materi yang sebagian besar disampaikan oleh dosen-dosen dari Departemen PLB UNY secara tim. Adapun kompetensi GPK yang ditekankan selama proses Diklatsar adalah kemampuan untuk melakukan identifikasi, asesmen, dan penyusunan program pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah inklusif. Selanjutnya, peserta juga dibekali latihan untuk mengisi aplikasi Profil Belajar Siswa. Aplikasi tersebut bermanfaat untuk melakukan pendataan kemampuan, kebutuhan, dan hambatan siswa. Selain itu, peserta juga diberi tugas latihan membuat laporan identifikasi, asesmen, dan Program Pembelajaran Individual (PPI) dalam bentuk Lembar Kerja.

Kegiatan Ditlatsar ini berlangsung dengan lancar dan ditutup pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2024 di Ruang Sidang 1 FIPP UNY. Penutupan dilakukan oleh Dr. Iis Prasetyo, S.Pd., M.M. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan, dan Alumni FIPP UNY. Acara ini dilakukan dengan semangat disiplin dan konsistensi dari GPK yang ikut serta, seperti yang disampaikan dalam sambutan Drs. Aris Widodo, M.Si. bahwa peserta Diklatsar GPK tahun ini merupakan peserta yang paling disiplin dan konsisten selama pelaksanaan acara sejak hari pertama sampai hari terakhir. Dr. Sukinah, M.Pd. juga menyampaikan, “Harapannya, Diklat ini tidak hanya berhenti di tingkat dasar, melainkan dapat dibuat juga tingkat lanjutannya.” (alf)

 

Tags: