FGD: “Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (JBL) Untuk Meningkatkan Pengenalan Karir Peserta Didik Autis”

Berkaitan dengan penelitian yang diketuai oleh Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. dengan tim peneliti Dr. Sukinah S.Pd., M.Pd, dan Diajeng Tyas Pinru Phytanza, S.Pd., M.Pd., serta mahasiswa-mahasiswa yang terlibat. Pada hari Sabtu, tanggal 9 September 2023, telah dilaksanakan kegiatan FGD dengan tema “Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Sebagai Upaya Pengenalan Karir Peserta Didik Autis” di laboratorium PLB FIPP UNY. Sasaran kegiatan yaitu guru-guru yang mengajar peserta didik autis di Yogyakarta

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran pengenalan karir bagi peserta didik autis saat ini, upaya sekolah dalam menyiapkan karir bagi peserta didik autis, serta memberikan pemahaman dan penguasaan keterampilan mengenai model pembelajaran based learning (PJBL) pada pengenalan karir peserta didik autis. Pemateri kegiatan adalah Dr. Sukinah, S.Pd., M.Pd yang membawakan materi mengenai pentingnya pengenalan karir bagi peserta didik autis dan peran guru. Selain itu, dijelaskan pula materi mengenai sintaks pembelajaran PJBL, tips implementasi model pembelajaran, contoh pelaksanaan, dan langkah yang dilakukan.

Kemudian, peserta diberikan waktu untuk melakukan diskusi dan merancang model PJBL sesuai kondisi di masing-masing sekolah pada g-form yang telah disediakan. Setelah waktu habis, maka peserta mempresentasikan hasil rancangannya.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 25 peserta yang terdiri dari kepala sekolah luar biasa di Yogyakarta dan guru-guru yang mengajar peserta didik autis, tim peneliti dan mahasiswa yang terlibat.

Para peserta mengikuti seluruh sesi dengan aktif bertanya dan aktif saat melakukan diskusi. FGD yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru untuk mengenalkan dan mempersiapkan peserta didik autis dalam bekerja (rat)