Diffabel Fair 2014

UNY merupakan salah satu perguruan tinggi yang berkompeten di bidang Pendidikan Luar Biasa (PLB). Dalam memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional atau Hari Difabel Internasional yang ditetapkan pada tanggal 3 Desember oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 47/3 tahun 1992, pada hari sabtu kemarin, 20 Desember 2014, Himpunan Mahasiswa (HIMA) PLB melangsungkan acara puncak Diffable Fair 2014 yang bertema “Satu Nusa Ku, Satu Bangsa Ku, Indonesia Tanpa Diskriminasi” di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Tujuan serangkaian acara ini adalah untuk mengkampanyekan pemahaman tentang masalah-masalah difabel, meminimalisir diskriminasi dalambentuk apapun, menggalang dukungan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan difabel, serta memperjuangkan kesadaran masyarakat mengenai kaum difabel dalam setiap aspek kehidupan.

Diffable Fair 2014 di TBY merupakan puncak dari serangkaian acara Seminar PLB, Pelepasan Burung, dan Longmarch di Malioboro. Sebelumnya, acara Seminar PLB berlangsung di Kampus Pusat FIP UNY pada tanggal 6 Desember 2014, acara pelepasan burung dilakukan di sekitar air mancur rektorat UNY dengan melepaskan 100 ekor burung emprit pada tanggal 10 Desember 2014, dan longmarch yang dilangsungkan di Malioboro pada tanggal 13 Desember 2014 disertai dengan pembagian bunga, flashmob, dan kegiatan cap tangan sebagai bentuk partisipasi dalam menolak diskriminasi penyandang difabel.

Sebagai acara penutup atau puncak dari serangkaian acara sebelumnya, HIMA PLB UNY menghadirkan berbagai acara yang menarik di puncak Diffable Fair 2014, dengan pelepasan balon sebagai pembukaan acara puncak, standisasi HIMA PLB memberikan informasi terkait media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK), lomba drumband, melukis, dan mewarnai gerabah yang diikuti oleh siswa-siswi SLB se-DIY, serta pengumuman dan pemberian kenang-kenangan kepada pemenang lomba, selain itu juga ada pentas seni dari beberapa siswa SLB yang menampilkan tari, band, biola, nyanyi, dan juga penampilan dari mahasiswa tunanetra PLB UNY, acara tersebut ditutup dengan guesstar dari DIFFCOM, Intuisi Band, dan Fantasy Band. Peserta acara tersebut bersifat umum yang terdiri mahasiswa UNY, dosen, siswa-siswi SLB se-DIY, beberapa komunitas penyandang difabel, masyarakat sekitar, dan beberapa mahasiswa PLB dari Universitas Islam Nusantara (mkf/ant).