Silaturahmi Daring Jurusan PLB FIP Dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan (PLB FIP) UNY pada kamis 23 September 2021 mengadakan pertemuan secara daring dengan para orang tua dan wali dari mahasiswa baru tahun angkatan 2021 yang berasal dari berbagai daerah di penjuru Tanah Air.

Hadir mewakili dari Jurusan PLB FIP UNY, Bambang Saptono, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIP), Dr. Hermanto, M.Pd. (Ketua Jurusan PLB) dan Pujaningsih, M.Pd., Ed.D. (Sektetaris Jurusan PLB).

Dalam sambutannya Bambang Saptono mengucapkan sangat senang bisa berjumpa dengan para orang tua mahasiswa walau hanya via daring dan berharap kedepanya bisa bersinergi bersama-sama demi kelancaran studi semua mahasiswa baru PLB FIP UNY.

“Mohon bapak dan ibu sekalian tidak ragu untuk menyampaikan hal-hal yang dirasa penting untuk bisa didiskusikan bersama," ujar Bambang Saptono.

Pada kesempatan ini Bambang Saptono juga menyampaikan bahwa masa studi mahasiswa maksimal biasanya adalah 6 tahun namun tidak menutup kemungkinan akan selesai dalam waktu 4 tahun bahkan 3, 5 tahun saja.

Bagi mahasiswa yang inin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, Bambang Saptono juga menyarankan agar setelah lulus bisa langsung melanjutkan studi pada jenjang S2 (Magister) Jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Ketua Jurusan (Kajur) PLB, Hermanto menyampaikan bahwa orang tua bisa mengakses SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) UNY untuk bisa memantau nilai dari mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan. Hermanto juga menambahkan bahwa dimasa pandemi ini, orang tua juga wajib memantau anak- anaknya untuk tetap belajar di rumah walau tidak sedang kuliah online.

“Belajar bukan hanya sewaktu kuliah saja, di luar jam kuliah mahasiswa juga wajib belajar sendiri," kata Hermanto.

Orang tua atau wali dari mahasiswa bisa kapanpun berdiskusi dengan pihak jurusan, terutama dengan Ketua Prodi jika memang ada kendala bagi mahasiswa agar bisa lulus tepat waktu dengan IPK yang memuaskan.

“Usahakan setiap semester IPK diatas 3,00 agar bisa mengambil 22 SKS jadi bisa segera merampungkan teori, lalu fokus tugas akhir dan segera lulus,“ tambah Hermanto.

Jurusan PLB UNY juga akan memberikan apresiasi dan juga kesempatan mengembangkan bakat bagi mahasiswa baik itu dibidang penelitian, olahraga ataupun seni.

“Mari kita sama- sama berikhtiar agar putra- putri kita semua sukses baik di akademik maupun karirnya kelak," tutup Hermanto.

Sekedar informasi, semua jurusan di FIP UNY untuk jenjang S1 serta S2 sudah memperoleh akreditasi A termasuk jurusan PLB. (Khairani Faizah)

Tags: