Prodi PLB Mengkokohkan Fondasi Capaian dan Profil Lulusan Sebagai Amunisi Eksistensi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, berdampak pada persaingan lulusan perguruan tinggi melalui keterampilannya. Perguruan tinggi akan terus diakui eskistensinya jika memiliki lulusan yang unggul dan program studi sebagai lembaga diakui keberadaannya melalui akreditasi tingkat nasional bahkan internasional. Keinginan dan keyakinan diri yang kuat melekat pada dosen di prodi PLB untuk terus berjaya. Persamaan visi, misi, tujuan dan keyakinan kuat tim dosen PLB menjadi amunisi terpercaya untuk memperjelas arah serta tujuan lulusan.

Pembuatan jalan yang jelas bagi lulusan tentu dimulai dari diraihnya capaian lulusan dan hasil dilihat dari produk berupa profil lulusan. Capaian dan profil lulusan ini yang nantinya akan dijadikan sumber menyusun arah kurikulum bagi mahasiswa. Awal Agustus (05/08/2021) bertepatan dengan bulan kemerdekaan Republik Indonesia memberikan semangat yang sama bagi prodi PLB berjuang menyusun kurikulum. Kegiatan awal yang dilakukan yaitu workshop Capaian Lulusan dan Profil Lulusan prodi PLB. Workshop dibuka oleh Dekan FIP UNY Dr. Sujarwo, M. Pd dan dipantau Dr. Cepi Safrudin Abd. Jabar, M. Pd selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP.

Perjuangan membongkar pasang konten dan formulasi capaian lulusan dilakukan selama satu hari yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas capaian lulusan dan sesi kedua membahas profil lulusan. Kokohnya Capaian dan Profil Lulusan PLB UNY terlihat pada sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan layanan pendidikan khusus. Pengetahuan yang dimiliki digunakan untuk melayani anak berkebutuhan khusus secara tepat dari segi pendidikan dengan memperhatikan isu terkini, perkembangan keilmuan dan teknologi saat ini. Tak ketinggalan pula menghadirkan sikap religius dan terbuka untuk berkolaborasi sehingga pemberian layanan menjadi lebih komprehensif. Perjuangan untuk memperkokoh capaian dan profil lulusan prodi PLB akan dilanjutkan dengan pembahasan bangunan kurikulum, mata kuliah dan capaian mata kuliah. (ren)