PKKMB PLB UNY 2019

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta setiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Mahasiswa Baru sekaligus memperkenalkan Mahasiswa Baru pada kehidupan kampus di UNY. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara, yakni upacara penerimaan Mahasiswa Baru, display UKM, dilanjtu dengan dengan rangkaian kegiatan PKKMB tingkat universitas sampai ke tingkat jurusan di masing-masing fakultas.

Pendidikan Luar Biasa sebagai salah satu prodi yang ada di UNY juga tidak kalah meriah dalam menyelenggarakan PKKMB jurusannya. Pada tanggal 23 Agustus 2019 diselenggarakan PKKMB jurusan Pendidikan Luar Biasa di Abdullah Sigit Hall Fakultas Ilmu Pendidikan, tahun ini pesertanya terdiri dari 126 Mahasiswa Baru program studi PLB. Acara pada hari pertama diisi dengan penyampaian materi oleh Ibu Mumpuniarti selaku Ketua Jurusan PLB dan Thalia Ayu Rini sebagai pembicara yang juga merupakan mahasiswa angkatan 2015 jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Ibu Mumpuniarti menekankan kepada apa itu visi dan misi program studi Pendidikan Luar Biasa, profil lulusan prodi PLB, dan capaian pembelajaran yang ada di prodi PLB. Beliau mengharapkan agar Mahasiswa Baru dapat mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan di prodi PLB ini dan membuka wawasan bahwa setelah lulus kuliah di jurusan PLB mereka memiliki peluang kerja yang besar. Selain itu kepala prodi PLB di program magister Pendidikan Luar Biasa, Ibu Ishartiwi, menyampaikan bahwa beliau sangat mendorong lulusan S1 PLB nantinya dapat melanjutkan studinya ke program magister.

Dalam PKKMB jurusan PLB tahun ini panitia sengaja mendatangkan pembicara yakni Kak Thalia sebagai penyemangat untuk mahasiswa baru bahwa PLB itu juga bisa go internasional. Beliau memaparkan tentang progam student exchange yang diikutinya di Jepang pada tahu 2108 lalu. Sesi tersebut dibuat seperti diskusi santai sehingga Mahasiswa Baru merasa enjoy dalam mengikutinya. Setelah diskusi, beberapa Mahasiswa Baru sangat antusias bertanya mengenai perkuliahan serta bercerita tentang cita-citanya yang ingin ke luar negeri.

Pada tanggal 24 Agustus 2019, hari kedua PKKMB jurusan PLB, diisi oleh berbagai penampilan mulai dari HIMA PLB sampai mengundang Band Intuisi (band dengan personil tunanetra). Sedangkan mahasiswa angkatan 2017 selaku pemandu pada PKKMB PLB tahun 2019 menampilkan cover lagu dengan bahasa isyarat. Semua peserta senang dan tehibur setelah serangkaian pkkmb yang sudah mereka lalui. Diselenggarakannya PKKMB PLB 2019 dimaksudkan agar Mahasiswa Baru mengenal lebih dalam tentang jurusan PLB, menambah keakraban antar mahasiswa, dan melatih kedisiplinan pada Mahasiswa Baru dengan penugasan yang dberikan oleh pemandu. (hima)