Mahasiswa PLB Sit In ke UPSI Malaysia

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu intralembaga yang telah merintis kegiatan pendidikan komparasi dalam rangka untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, salah satunya melalui kegiatan sit in yang diperuntukkan bagi nominasi mahasiswa berprestasi di fakultas. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada periode mahasiswa berprestasi 2016, kegiatan sit in diselenggarakan oleh FIP UNY melalui kerjasama dengan Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia (FPPM) Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Kegiatan Sit In diselenggarakan dengan memiliki beberapa aspek yang ingin dicapai. Tujuan kegiatan diadakannya sit in tidak terlepas dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY. Tujuan kegiatan ini dilihat dan dipertimbangkan dari sudut pandang mahasiswa sebagai peserta Sit In maupun Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY sebagai salah satu organisasi yang turut serta menyelenggarakan kegiatan ini. Melaui penetapan aspek yang ingin dicapai kegiatan ini dari beberapa sudut pandang yang berbeda, diharapkan semakin memantapkan upaya peningkatan mutu pendidikan yang sedang dijalankan.

Tujuan bagi Mahasiswa

  1. Mahasiswa sebagai peserta Sit In diharapkan mampu mengambil hal-hal positif dari kegiatan yang telah diselenggarakan.
  2. Mahasiswa sebagai peserta Sit In diharapkan dapat melakukan kajian terkait pendidikan komparasi. Hal ini sangat dibutuhkan dalam membangun jiwa kritis mahasiswa, dikarenakan pada nantinya mahasiswa peserta Sit In memberikan keterlibatannya pada pembangunan pendidikan di Indonesia. Melalui kajian pendidikan komaparasi, kelak mahasiswa peserta Sit In dapat mewujudkan sistem pendidikan yang unggul.
  3. Mahasiswa peserta Sit In diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat di bangku perkuliahan ke dalam suatu kondisi riil, ditambah dengan presuare berupa perbedaan geografis, kultur, dan sistem yang dihadapi.
  4. Mahasiswa peserta Sit In diharapkan mampu membangun networking lebih luas, dalam kesempatan ini berupa jaringan bilateral (antardua negara).
  5. Mahasiswa peserta Sit In secara tidak langsung melakukan bedah universitas (kajian terhadap perguruan tinggi tempat kegiatan sit in dilaksanakan), hal ini pada akhirnya akan menjadi bekal mahasiswa peserta sit in dalam menentukan kelanjutan studi yang akan mereka tempuh.
  6. Mahasiswa peserta Sit In diharapkan mampu mengembangkan diri.
  7. Mahasiswa peserta sit in diharapkan mampu menularkan semangat berprestasi kepada mahasiswa FIP lainnya.
  8. Mahasiswa peserta sit in diharapkan mampu membagi pengalaman dan wawasan yang diperoleh selama kegiatan sit in kepada mahasiswa FIP lainnya.

Bagi Fakultas

  1. Melaui kegiatan sit in ini diharapkan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY dapat meningkatkan kerjasama dengan Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia (FPPM) UPSI.
  2. Melalui kegiatan sit in ini diharapkan FIP UNY mampu mengambil hal-hal posistif terkait sistem pendidikan pada perguruan tinggi penyelenggara (UPSI) untuk dikaji lebih mendalam dan dipertimbangkan untuk diimplementasikan di FIP UNY.
  3. Melalui kegiatan sit in diharapkan dapat menjadikan FIP UNY semakin berkembang.

Kegiatan Sit In yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY diikuti oleh 10 orang mahasiswa. Mahasiswa tersebut merupakan nominasi mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY periode tahun 2016. Setiap mahasiswa merupakan delegasi dari masing-masing program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sebelum menjadi nominasi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, kesepuluh mahasiswa tersebut melewati seleksi tingkat jurusan ataupun program studi. Mahasiswa yang dinyatakan lolos sebagai nominasi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas kemudian diintruksikan untuk melengkapi persyaratan administratif terkait penyelenggaraan kegiatan sit in.

Kegiatan sit in dilaksanakan berdasarkan jadwal yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu FIP UNY dan FPPM UPSI. Secara umum, kegiatan sit in dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu: 1) perkuliahan di FPPM UPSI serta 2) kunjungan pada bangunan pendidikan dan sarana pendidikan di UPSI.

1. Perkuliahan di FPPM UPSI

Kegiatan sit in secara efektif dilaksanakan pada tanggal 25 April 2017 hingga 27 April 2017. Pada tanggal 25 April 2017 dan 26 April 2017 secara efektif digunakan oleh peserta sit in mengikuti perkuliahan. Peserta sit in mengikuti perkuliahan pada 4 kelas, yaitu: a) kelas microteaching (2 kelas), dan b) kelas pengajaran (2 kelas).
Kelas Microteaching. Mata kuliah pada kelas ini adalah geografi, diampu oleh Dr. Hafiz. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diajarkan cara-cara menjadi guru yang sesuai standar, termasuk di dalamnya bagaimana cara mengajar di kelas. Terdapat 3 kegiatan yang dilaksanakan pada mata kuliah ini, yaitu: (1) presentasi dan review video terkait tugas mahasiswa dalam praktik mengajar di sekolah-sekolah tertentu; (2) refleksi tugas melalui presentasi VLOG yang dibuat mahasiswa terkait kendala yang mereka hadapi dalam melakukan praktik pengajaran; (3) debat. Tema debat adalah “aspek terpenting yang harus dimiliki oleh guru”. Mahasiswa di dalam kelas (termasuk peserta sit in dari FIP UNY) dibagi ke dalam 6 kelompok. Setiap kelompok diinstruksikan untuk memaparkan dan mempertahankan pendapat masing-masing terkait tema yang disajikan. Kelas microteaching yang selanjutnya adalah kelas Pendidikan Khas (Indonesia: Pendidikan Luar Biasa). Sistem perkuliahan microteaching di kelas ini dilakukan dengan cara presentasi langsung. Mahasiswa dipersilakan untuk memerankan diri sebagai seorang guru yang sedang memberikan pembelajaran kepada peserta didikny Kelas microteaching pendidikan khas yang diikuti oleh peserta sit in adalah kelas kelompok blind dan deaf. Kelas ini ditutup dengan display peralatan laboratorium pendidikan khas yang digunakan oleh FPPM UPSI. Ditambah dengan penampilan penyampaian lagu nasional Malaysia menggunakan bahasa isyarat.
Kelas pengajaran. Kelas pengajaran yang diikuti oleh peserta sit in terdapat dua, di mana masing-masing diampu oleh dosen yang berbeda. Kelas pertama berkaitan dengan pengajaran biologi. Dosen memberikan arahan bagaimana menjadi seorang guru biologi. Kelas pengajaran kedua yang diikuti peserta sit in adalah kelas pengajaran yang diampu oleh Dr. Mohammad Yusuf dari Neigeria.
Sistem perkuliahan pada kelas ini dilakukan melaui tiga metode, yaitu: (1) presentasi dari mahasiswa terkait wawancara yang sudah dilakukan di sekolah; (2) tanya jawab; dan (3) ceramah dosen.

2. Kunjungan pada bangunan pendidikan dan sarana pendidikan di UPSI Kegiatan sit in dilengkapi dengan aktivitas lawatan (kunjungan) ke bangunan dan sarana pendidikan yang berada di UPSI. Peserta sit in dipandu oleh staf FPPM UPSI mengunjungi beberapa tempat, yaitu:
Makmal (Laboratorium) Pendidikan Khas
Pada kegiatan ini peserta sit in diberikan kesempatan mengunjungi laboratorium Pendidikan Luar Biasa (PLB) FPPM UPSI. Peserta sit in diberikan penjelasan terkait seluruh peralatan yang berada di dalam laboratorium. Selain itu, peserta sit in juga diperkenankan mencoba beberapa alat yang ada di laboratorium.
Makmal (Laboratorium) Pendidikan Awak kanak-kanak
Pada kegiatan ini peserta sit in diberikan kesempatan mengunjungi laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FPPM UPSI. Peserta sit in diberikan penjelasan terkait seluruh media yang berada di dalam laboratorium. Melaui kunjungan ini, diketahui bahwa seluruh media yang diletakkan di laboratorium PAUD merupakan hasil karya mahasiswa.
Welness Center
Pada kegiatan ini peserta sit in diberikan kesempatan mengunjungi laboratorium Welness Center FPPM UPSI. Peserta sit in diberikan penjelasan terkait seluruh peralatan yang berada di dalam laboratorium. Selain itu, peserta sit in juga diperkenankan mencoba beberapa alat yang ada di laboratorium. Welness Center merupakan makmal milik program studi Psikologi FPPM UPSI.Tempat ini dimanfaatkan oleh mahasiswa FPPM UPSI sebagai tempat relaksasi. Hal ini dikarenakan di dalam wellness center terdapat alat-alat relaksasi, di antarnaya: mesin pemijat, batu relaksasi, dan berbagai macam alat permainan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kepenatan.
Muzeum Pendidikan Nasional
Pada kegiatan ini peserta sit in diberikan kesempatan mengunjungi Museum Pendidikan Nasional yang terletak di kompleks UPSI. Peserta sit in diberikan penjelasan terkait seluruh biorama dalam museum.
Perpustakaan Tun Baiunun
Pada kegiatan ini peserta sit in diberikan kesempatan mengunjungi Perpustakaan Tun Bainun milik UPSI. Peserta sit in diberikan penjelasan terkait seluruh ruangan dan fasilitas di dalam perpustakaan.

Selain kegiatan pokok sit in yang telah disajikan di atas, terdapat juga satu kegiatan tambahan yang diikuti oleh peserta sit in, yaitu city tour. Kegiatan ini merupakan pengenalan lingkungan sekitar kampus UPSI, ditambah dengan beberapa center part pemerintahan Malaysia. City tour dilaksanakan pada awal kedatangan dan sebelum kepulangan ke Indonesia. Tempat-tempat yang dikunjungi pada kegiatan ini adalah: 1) Menara Petronas; 2) gedung kementerian; 3) Pasar Seni; dan 4) Putra Jaya.

Adapun pelaksanaan kegiatan sit in secara lebih rinci disajikan berikut ini.

Minggu, 23 April 2017 Persiapan Peserta sit in tiba di Tanjung Malim Malaysia

Senin, 24 April 2017City Tour Peserta sit in didampingi dosen pendamping melakukan kegiatan city tour, meliputi: a) mengunjungi kampus lama UPSI dan b) mengunjungi beberapa tempat yang menjadi khas di Malaysia, yaitu Kuala Lumpur.

Selasa, 25 April 2017

07.30-07.40 Persiapan Perkuliahan Peserta sit in menaiki bus UPSI menuju gedung kampus baru FPPM UPSI.

07.40-08.00 Persiapan Perkuliahan Peserta sit in menerima jamuan sarapan pagi di FPPM UPSI.

08.00-11.00 Kuliah Peserta sit in mengikuti perkuliahan AT32E dan AT20C berkaitan dengan microteaching dan pengajaran.

11.00-11.30 Sarahsehan bersama pengurus UPSI yang diwakili oleh Bapak Suhaimi.

12.30-14.00 Makan Siang Peserta sit in menerima jamuan makan siang di FPPM UPSI.

14.00-16.00 Kuliah Peserta sit in mengikuti perkuliahan AT10B dan AT07B di kelas pendidikan khas.

16.00-18.00 Minum Petang Peserta sit in menerima jamuan minum petang di FPPM UPSI.

18.00 Kembali ke hotel Peserta sit in menaiki bus UPSI untuk kembali ke hotel.

Rabu, 26 April 2017

07.30-07.40 Persiapan Perkuliahan Peserta sit in menaiki bus UPSI dari hotel menuju kampus UPSI.

07.40-08.00 Sarapan pagi Peserta sit in menerima jamuan sarapan pagi di FPPM UPSI.

08.00-10.00 Kuliah Peserta sit in mengikuti perkuliahan KP3014 tentang pengajaran dan microteaching.

10.00 Minum Pagi Peserta sit in menerima jamuan minum pagi di FPPM UPSI.

10.00-13.00 Kuliah Peserta sit in mengikuti perkuliahan KP3014 Group B dan Group I tentang pengajaran dan microteaching.

13.00-14.00 Makan Siang Peserta sit in menerima jamuan makan siang di FPPM UPSI.

14.00-17.00 Lawatan/ Kunjungan Peserta sit in melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium di FPPMP UPSI, yaitu: a. Makmal (laboratorium) Uteks FPPM UPSI b. Makmal (laboratorium) Pendidikan Awak KanakKanak FPPM UPSI.c. Makmal (Laboratorium) Welness Center

17.00 Kembali ke hotel Peserta sit in menaiki bus UPSI untuk kembali ke hotel.

Kamis, 27 April 2017

07.40-09.30 Persiapan Peserta sit in menaiki bus UPSI dari hotel menuju kampus UPSI.8.00 Sarapan Pagi Peserta sit in menerima jamuan sarapan pagi di FPPM UPSI. 8.30 Kunjungan Musium Pendidikan UPSI Peserta sit in melakukan kunjungan ke Musium Pendidikan UPSI dengan didampingi petugas museum. Peserta sit in diperlihatkan film pendek terkait sejarah berdirinya UPSI, kemudian dilanjutkan dengan mengamati biorama-biorama yang dipamerkan di museum.

09.30-10.30 Kunjungan ke perpustakaan UPSi Peserta sit in melakukan kunjungan ke perpustakaan UPSI dengan didampingi petugas perpustakaan. Peserta sit in diperlihatkan koleksi buku dan semua fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan UPSI.

10.30-11.00 Minum Pagi Peserta sit in menerima jamuan minum pagi di FPPM UPSI.

11.00-13.00 Penutupan dan Persembahan Budaya Peserta sit in mengikuti acara penutupan kegiatan. Peserta sit in juga menampilkan persembahan budaya untuk menutup rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari. peserta sit in menampilkan persembahan tari Saman dari Aceh dan Langgam bahasa Jawa.

13.00-15.00 Jamuan tengahan dan Acara Santai Peserta sit in menerima jamuan makan siang di FPPM UPSI. Kegiatan ini dilengkapi dengan sesi ramah tamah bersama pengrus dekanat FPPM UPSI.

15.00 Kembali ke hotel Peserta sit in menaiki bus UPSI untuk kembali ke hotel.

Jumat, 28 April 2017

07.30-12.00 Perjalanan menuju Bandara dan City Tour Peserta sit in memanfaatkan perjalanan menuju bandara dengan kegiatan pengenalan daerah sekitar. Peserta sit in memanfaatkan jalur searah sebagai jalan untuk menjajaki tempat-tempat bersejarah di Malayasia, yaitu di kawasan Putrajaya Malaysia. (say)