Diffable Fair 2017

Diffable Fair 2017 dilaksanakan pada hari minggu tanggal 3 Desember 2017 dengan acara Senam Massal Inklusi. Kegiatan Diffable Fair 2017 dilaksanakan di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh hampir 300 orang lebih yang berasal dari SLB, Sekolah Inklusi yang ada di DIY, Mahasiswa, dan Masyarakat umum.

Kegiatan Diffable Fair 2017 ini merupakan salah satu agenda tahunan HIMA PLB FIP UNY sebagai upaya untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember. Dengan diadakannya kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan hak-hak Anak Berkebutuhan Khusus kepada masyarakat luas, menyampaikan pesan pada masyarakat bahwa Anak Berkebutuhan Khusus memiliki potensi yang sama dengan orang lain, memberi kesempatan kepada Anak Berkebutuhan Khusus untuk dapat mengaktualisasikan diri mereka di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya Anak Berkebutuhan Khusus sangat senang mengikuti kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini potensi dan bakat yang mereka miliki dapat tersalurkan dan dihargai melalui pentas seni bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan gelar produk karya siswa SLB. Tidak hanya Anak Berkebutuhan Khusus saja yang merasa senang dan terhibur dengan adanya kegiatan ini, masyarakat umum yang mengikuti senam massal juga merasa senang karena selain bisa membuat tubuh menjadi sehat mereka juga mendapatkan doorprize yang telah disediakan. Kegiatan ini gratis bagi siapa saja yang ingin mengikutinya tetapi jika peserta senam ingin mendapatkan doorprize bisa membeli kupon di stand yang telah disediakan panitia.

Kegiatan Diffable Fair ini juga terdapat stand-stand baik itu stand makanan maupun stand produk hasil karya siswa-siswi SLB di Yogyakarta. Kegiatan Diffable Fair 2017 diawali dengan Senam Massal yang dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB. Setelah itu dilanjut Pembukaan Kegiatan Diffable Fair 2017 oleh perwakilan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X dan dilanjut sambutan oleh Ketua Panitia. Pada pukul 09.00 WIB acara dilanjut dengan pembagian doorprize terlihat para peserta senam massal sangat antusias karena memang doorprize yang disediakan sangatlah banyak diantaranya sepeda gunung, kompor gas, dispenser, kipas angin, setrika, dan masih banyak lagi. Setelah pembagian doorprize diselingi hiburan oleh Ista Band, Alfredo dan Nia dari mahasiswa PLB FIP UNY. Selain itu diharapkan untuk kegiatan Diffable Fair selanjutnya dapat lebih luas cakupannya, bukan hanya wilayah DIY saja. (HIMA PLB)